Pesona Alam Di Pulau Sabu Raijua

Halo guys,,,,

Disini saya memperkenalkan tempat wisata yann sangat terpesona dan akan menghipnotis mata kamu de yang baca postingan saya kali ini, hehehe…
Sabu Raijua adalah kabupaten ke 21 di Nusa Tenggara Timur dan sebagai kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten kupang. Yang di sahkan pada tanggal 26 November 2008 dengan dasar hukum pada UU Nomor 52 Tahun 2008 yang beribukota kabupatennya di Menia Kecamatan Sabu Barat.
Okd, kita langsung saja yah biar jangan panjang lebar. Hahaha

1. Kelebba Maja
Kelabba Maja Terletak di Kecamatan Sabu Mesara. Tempat ini terbentuk secara alami dari tanah liat yang telah membatu yang sangat cantik dengan lukisan erosi yang begitu indahsehinggah bisa menghipnotis mata para pengunjungnya. Sebelum Sabu Raijua menjadi sebuah kabupaten tempat ini belum begitu di lirik oleh penduduk/pemerintah setempat sebagai tempat wisata alam yang sangat menarik perhatian para wisatawan baik yang dari luar daerah maupun yang wisatawan asing seperti dari Australia, Jerman dan yang lainnya. Bagi anda yang berjiwa pencinta alam paling cocok de ini tempat buat kamu, iya kamu, hihihi.

download
Gambar 1. Kelabba Maja

2. Gua Lie madira
Lie dalam bahasa indonesianya adalah bongkahan batu karang yang memiliki perut serta mulut sampai ke perutnya,Objek wisata alam di Pulau Sabu ini terletak sekitar 10 km dari Kota Seba. Gua yang terletak di Kecamatan Hawu Mehara ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa petualang. Gua ini memiliki interior yang sangat cantik dengan kolam yang sejuk dan air yang jernih sehinggah memberi kesan tersendiri bagi pengunjngnya. Dan yang lebih menariknya lagi gua ini konon katanya digunakan oleh bangsa Belanda pada masa perang dunia kedua sebagai tempat persembunyian/markas dari musuhnya. Objek wisata ini juga telah di sediakan fasilitas berupa lopo sebagai tempat bersantai bagi para pengunjung. Pemandangan di dalam gua ini bisa terlihat laut lepas jika kita telusuri sampai ujungnya.

images-1
Gambar 2. pintu masuk ke dalam gua
download-2
Gambar 3. perut gua lie madira

3. Pantai Napae
Pantai yang terletak di Kecamatan Sabu Barat ini memiliki pasir pantai yang putih dan bersih. Disamping itu, Anda juga bisa menunggu sunset dengan bersantai di gazebo bersama keluarga atau pasangan. Pantai ini juga dekat dengan Pelabuhan Laut Seba dan Bandara Terdamu.Pantai Napae berlokasi di Kecamatan Sabu Barat. Letak objek wisata ini tidak jauh dari pelabuhan laut Seba dan Bandar Udara Tardamu. Hal ini memudahkan wisatawan untuk menjangkau destinasi ini ketika berada di Sabu Barat.  Pasir putih sepanjang bibir pantai menjadi daya tarik bagi wisatawan. Lokasi wisata ini juga dilengkapi  fasilitas seperti Lopo/Gazebo berarsitek khas Sabu dengan atap dari daun lontar dan alang-alang.

objek-wisata-ntt_36200_141_pantai_napae
Gambar 4. Pintu Masuk Ke Area Wisata Napae
004
Gambar 5. Tarian pedo’a bersama turis di pantai napae

4. Pantai Seba
Letaknya objek wisata satu ini ada di Kota Seba. Jika menggunakan kapal untuk berkunjung ke Sabu, maka Anda akan langsung dimanjakan dengan pemandangan keren pantai ini ketika kapal yang ditumpangi bersandar di Pelabuhan Seba. Pantai ini adalah salah satu dari beberapa pantai terbaik di Pulau Sabu. Pasir yang putih, air yang jernih, dan kondisi yang tenang, sangat cocok untuk menjadikan pantai ini tujuan wisata favorit. Pemandangan Pantai Seba dari udara letaknya bersebelahan dengan Pantai Napae.

download-1
Gambar 6. pesona alam pantai seba dari udara

5.Kampung Adat Namata
Tampat ini adalah objek wisata terletak di Boddo kec. Sabu Barat. Tempat ini bisa di tempu dengan kurun waktu 15 Menit dari Pelabuhan dan Bandar Udara. Jika ingin melihat kehidupan masyarakat Sabu dan tradisi-tradisi setempat wisatawan dapat mengunjungi kampung Namata. Kampung Namata didiami oleh beberapa More Ama (Pemangku Adat) yaitu Deo Rai (Kepala), Pulod’o (Dewa Matahari), Rue (Dewa Penyakit), Bekka Pahi (Dewa Bumi), Maukia (Dewa Kesuburan), Kenuhhe (Dewa Laut). Selain bangunan rumah adat, Pengunjung juga dapat melihat batu-batu keramat yang ada di dalam kampung Namata. Beberapa ritual yang dibuat yaitu upacara perkabungan apabila ada anggota pemangku adat (mone ama) yang meninggal, mengusir bala penyakit dan upacara menurunkan hujan.

objek-wisata-ntt_35010_139_kampung_namata
Gambar 7. Lokasi Wisata Kampung Adat Namata
kampung-adat-namata-2
Gambar 8. Batu-batu di Namata
objek-wisata-ntt_49649_139_kampung_namata
Gambar 9. pesona batu alam yang ada di kampung adat namata

6. Istana Teni Hawu
Istana yang terletak di Kota Seba ini dibangun pada masa kolonial Belanda. Namun sampai saat ini, istana tersebut masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Pada masanya, istana ini dijalankan sebagai pusat pemerintahan Seba, dengan kepimpinan Raja Samuel Djawa waktu itu.menurut cerita dalam istana ini terdapat seekor ular merah sebagai penjaga tempat ini, jika ular tersebut merasa lapar maka dia akan turun kebawa untuk meminta makannya. Di istana ini juga masih ada peninggalan leluhur berupa meriam yang di gunakan pada waktu perang, tempat ini tidak jauh dari pusat kota. Tempat ini bersampingan dengan SD N 1 Sabu Barat dan Koramil.

images
Gambar 10. Istana Teni Hawu

7. Benteng Ege dan Batu Gong
Benteng Ege dan batu Gong adalah destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Liae. lokasi kedua objek wisata tersebut berdekatan, sehingga ketika wisatawan mengunjungi Benteng Ege dapat pula melihat Batu Gong. Benteng Ege adalah pertahanan dari susunan batu karang berlapis-lapis didirikan untuk menahan serangan musuh, sedangkan Batu Gong adalah batu karang yang ada di daerah pesisir yang dapat mengeluarkan suara gong ketika dipukul. Uniknya suara yang dikeluarkan seperti halnya suara gong dari berbagai ukuran.

objek-wisata-ntt_63797_138_benteng_ege_dan_batu_gong
Gambar 11. benteng pertahanan dari serangan musuh
objek-wisata-ntt_63126_138_benteng_ege_dan_batu_gong
Gambar 12. Benteng Ege

Na itu adalah beberapa destinasi alam yang terdapat di Sabu Raijua, semoga bermanfaan buat anda yang ingin berkunjung ke Sabu. Mari kita menjaga dan melestarikan pesona alam yang Tuhan Karuniakan bagi di pulau-pulau yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Iklan

4 pemikiran pada “Pesona Alam Di Pulau Sabu Raijua”

  1. Kalau bisa tolong ditampilkan juga daerah wisata di wilayah Dimu dan Raijua. Seperti Kuji Ratu dan Loko Aimada di Dimu, Ketita, Jejak kaki Maja/Gajah Mada, jubah Maja/Gajah Mada di Raijua, dll. Biar terkesan lebih adil.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s